"Indah_Puspa"

Kamis, 22 April 2010

TEMPAT WISATA DI BOGOR

Kebun Raya Bogor seluas 111 Ha yang didirikan pada tahun 1817 dengan koleksi tanaman sekitar 20.000 jenis merupakan kebun raya yang terkenal di dunia. Di dalam areal Kebun Raya ini terdapat Istana Bogor yang berarsitektur unik. Selain Kebun Raya Bogor dengan kekhasannya istananya itu, di wilayah Bogor terdapat banyak tempat wisata lain yaitu prasasti Batutulis, Danau Lido, Taman Safari dan Telaga Warna di kawasan Puncak, air panas Ciseeng atau kerimbunan Gunung Salak. Termasuk ke dalam wilayah wisata Bogor adalah Kebun Raya Cibodas, Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Padang, Istana Cipanas yang terletak di Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Kini obyek wisata di wilayah Bogor bertambah dengan dibukanya Taman Buah Mekarsari-Cileungsi dan Taman Bunga Nusantara.

Kota Bogor dikenal pula dengan asinannya, tales serta kerajinan dari tanduk sedangkan Cianjur terkenal dengan industri manisan.

KOTAMADYA BOGOR
Kotamadya Bogor yang dikenal sebagai “Kota Hujan”, luasnya meliputi 21,56 km2 dan terletak 60 km dari kota Jakarta. Kotamadya Bogor dikelilingi oleh Gunung salak, Pangrango dan gede, dan terletak pada 106o48’ Bujur Timur dan 60o39’ Lintang Selatan, dengan ketinggian minimumnya 190 m dan maksimum 330 m di atas permukaan laut.

Kelembaban udara kurang lebih 40% dengan suhu rata-rata 26o C dan curah hujan rat-rata 3.500 mm hingga 4.000 mm pertahun. Kotamadya Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan bebas hambatan Jagorawi dalam waktu 30 menit, atau dengan Kereta Listrik Jabotabek yang berangkat setiap 6 menit baik dari Jakarta maupun Bogor. Sedangkan dari Bandung, kota Bogor dapat dicapai dengan kendaraan beroda empat dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Kesenian yang ada yaitu wayang golek, gamelan degung, cianjuran, Calung, Kendang Pencak, Jenaka Sunda dan lain-lain. Cendera mata yang dapat diperoleh yaitu barang-barang kerajinan yang terbuat dari tanduk, kenari, rotan, perak, bambu dan wayang golek.

Buah-buah dari daerah ini seperti nenas, talas, pisang dan lain-lain.Dapat diperoleh di pasar ataupun di kios penjaja di sepanjang jalan ke luar kota Bogor menuju ke Cipanas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aio teman - teman ku , kasi coment di blog baru ini biar kelihatan rame dan seru.. woke-woke..